10 Makanan Sumber Protein Bagi Tubuh

Beranda / Berita / 10 Makanan Sumber Protein Bagi Tubuh
1 Agustus 2022
10 Makanan Sumber Protein Bagi Tubuh

Protein adalah sumber gizi penting yang membangun organ, otot, kuit dan hormon. Tubuh manusia membutuhkan protein untuk menjaga dan memperbaiki jaringan. Sementara itu, anak-anak membutuhkan zat protein untuk proses pertumbuhan. Tidak hanya itu, nutrisi ini dapat menjadi penyumbang kalori pada makanan.

Jumlah protein yang dibutuhkan oleh tubuh bervariasi, tergantung pada jenis kelamin, berat badan, usia dan kondisi kesehatan. Dalam sumber web Kementerian Kesehatan, asupan protein ang disarankan untuk orang dewasa adalah sekitar 0,75 gram protein setiap 1 kilogram berat badan per hari. Bila dihitung, maka rata-rata laki-laki membutuhkan 55 gram protein dan rata-rata perempuan membutuhkan 45 gram dalam sehari. Menurut National Research Council di Amerika Serikat, rekomendasi asupan proten harian sekitar 46 gram hingga 63 gram untuk orang dewasa.

Faktanya, penelitian menunjukan bila konsumsi protein mampu menurunkan berat badan dan lemak perut sekaligus meningkatkan massa dan kekuatan otot. Karena itu bagi para atlit umumnya menambah konsumsi protein mereka. Selain itu, diet tinggi protein juga mampu melawan diabete, menurunkan tekanan darah, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mulai mencukupi konsumsi protein setiap hari melalui makanan yang kaya akan protein. Berikut adalah daftar 10 makanan dengan kandungan protein tinggi:

  1. Telur: Sebagai salah satu bahan makanan yang mudah ditemukan di pasar, telur memiliki kandungan protein tinggi. Khususnya dalam putih telur yang mengandung protein rendah kalori dan dianggap mendekati protein murni, cocok bagi diet. Perlu diperhatikan walau kuning telor dan putih telor memiliki kandungan protein yang tinggi, tetapi kalori kuning telor cukup tinggi (61 kalori). Jadi bila ingin mengkonsumsi protein tinggi rendah kalori, cukup konsumsi 2 putih telur.
  2. Dada Ayam: Dada ayam memiliki kandungan protein memenuhi 80% dari total kalori dan 20% berasal dari lemak. Karena memiliki kandungan protein yang melebihi jumlah lemak, dada ayam cocok menjadi makanan diet yang populer di kalangan binaragawan.
  3. Susu: Susu sudah dikenal sebagai minuman yang kaya akan protein. Dalam satu cangkir susu sapi terkandung 8 gram protein dan 149 kalori. Bagi yang alergi laktosa, dapat mengkonsumsi susu kedelai dengan kandungan 6,3 gram protein dan 105 kalori dalam cangkir yang sama.
  4. Semua Jenis Ikan: Ibu Susi selaku Mantan Menteri Kelautan selalu mengingatkan untuk mengkonsumsi ikan, salah satunya karena mengandung protein yang tinggi. Seperti ikan salmon yang kandungan 22% protein dengan kalori yang rendah. Ikan tuna mengandung 27 gram protein dan 128 kalori dalam satu kaleng (ukuran 142 gram).
  5. Udang: Udang memiliki kandungan protein yang melimpah hingga 97% dari jumlah kalori. Selain itu hewan laut ini rendah kalori dan juga bernutrisi tinggi, seperti vitamin B12 dan selenium. Dalam 100 gram udang terkandung 24 gram protein.
  6. Brokoli: Brokoli memiliki banyak kandungan nutrisi penting, protein adalah salah satunya. Sayur ini mampu memenuhi 33% kandungan protein dari total kalorinya. Per 96 gram, brokoli mengandung 3 gram protein dan 31 kalori.
  7. Oat: Oat dikenal sebagai makanan yang mengandung serat sehat. Ternyata makanan dari sumber biji-bijian ini mengandung protein tinggi, sekitar 11-17% pada oat kering.
  8. Kacang: Kacang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sekitar 18% dari jumlah kalori. Dalam takaran 1 ons (28 gram), kacang menyimpan 7 gram potein dan 161 kalori. Dengan tingkat kalori yang tinggi, sebaiknya kacang dimakan dalam takaran yang sewajarnya.
  9. Bayam: Salah satu sayuran hijau ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup padat bila dikonsumsi. Selain itu ia mengandung protein yang mencakup semua asam amino esensial.
  10. Tempe: Tempe yang mudah ditemukan di pasar ternyata memiliki kandungan protein tinggi yang cocok dikonsumsi bagi para vegetarian. Dalam setiap 3 ons (84 gram) tempe terkandung hinga 15 gram protein.

Protein menjadi sumber gizi yang sangat penting bagi pertumbuhan manusia, membuatnya menjadi komponen dasar yang dipelajari dalam ilmu gizi. Materi ilmu gizi dasar menjadi salah satu materi yang akan dipelajari bagi mahasiswa Agribisnis di Ma’soem University. Kurikulum yang diberikan disiapkan untuk mencetak lulusan yang siap menjadi wirausaha. Dalam proses perkuliahan, para mahasiswa akan diberikan berbagai fasilitas penunjang untuk belajar, termasuk Inkubator Bisnis sebagai tempat praktik berwirausaha. Semua itu dapat ditebus dengan biaya kuliah yang murah bagi semua kalangan. 

#Hastag
Berita Lainnya
Copyright © 2022 Masoem University