Apa Saja yang Dipelajari dalam Program Studi ‘Teknologi Pangan’ Universitas Al Masoem

Beranda / Berita / Apa Saja yang Dipelajari dalam Program Studi ‘Teknologi Pangan’ Universitas Al Masoem
24 Juni 2019
Apa Saja yang Dipelajari dalam Program Studi ‘Teknologi Pangan’ Universitas Al Masoem

Apabila anda lihat lebih lanjut dalam website Universitas Al Masoem, maka anda akan menemukan sebuah Prodi atau Program studi yang cukup menarik yakni Teknologi Pangan. Jurusan ini berada di bawah Fakultas Pertanian secara garis besar akan mempelajari mengenai proses produksi makanan dari hasil pertanian dan memastikan bahwa makanan yang diproduksi tersebut aman untuk dikonsumsi oleh manusia dan dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh manusia. Jadi, dua poin utama yang akan dipelajari dalam jurusan ini adalah proses untuk memproduksi makana dan efek makanan tersebut untuk manusia.

Hal ini akan membuat anda banyak belajar tentang aspek biologis dan juga kimiawi. Biasanya, dalam jurusan atau program studi ini terutama di semester semester awal anda akan banyak belajar tentang Biologi, kimia, fisika, dan juga matematika. Barulah kemudian di semester semester selanjutnya anda akan mendapatkan mata kuliah tentang hal hal yang bersifat spesifik seperti Bioteknologi dimana ilmu ini adalah mengenai cara untuk menggunakan proses biologi agar makanan yang dihasilkan nantinya bisa dokonsumsi oleh manusia. Selain itu, anda juga akan belajar mengenai manajemen industry dimana ilmu ini akan banyak memberikan informasi tentang bagaimana cara pengemasan dan distribusi yang baik. 

Bisa dibilang bahwa jurusan ini sangat sesuai untuk anda yang tertarik dengan dunia pertanian, terutama bagi anda yang berminat dunia makanan. Hal ini karena akan ada banyak produk yang bisa anda buat selama berkuliah di jurusan teknologi pangan seperti susu, sosis, roti, dan makanan makanan lainnya dimana ini sangat bermanfaat untuk anda yang tertarik pula untuk membuat bisnis sendiri nantinya. 

Mengapa Harus Masuk ke Program Studi Ini?
Tak bisa dipungkiri bahwa program studi teknologi pangan sekarang ini adalah program studi yang sangat digemari dan dicari oleh masyarakat, terutama oleh mereka yang baru saja lulus dari jenjang pendidikan SMA. Mengapa? Salah satu alasannya adalah karena lulusan dari teknologi pangan ini semakin dibutuhkan. Alasannya adalah di jaman sekarang ini masyarakat semakin perduli dan sadar akan kesehatan mereka termasuk dengan menaruh perhatian pada makanan yang dikonsumsi. 

Oleh karena itu, setelah lulus dari program studi teknologi pangan, ada banyak prospek atau karir pekerjaan yang bisa anda ambil nantinya seperti dengan menjadi Quality Control atau mendaftar di bidang Quality Insurance. Quality control ini biasanya memiliki tugas untuk memeriksa bahan baku, alat, dan produk yang dihasilkan. Jika tak suka dengan pekerjaan sebagai Quality Control, anda juga bisa bekerja sebagai product development atau pekerjaan yang memiliki tugas utuk membuat produk produk baru atau mengembangkan produk yang sudah ada sebelumnya. Di lain sisi, anda juga bisa bekerja di berbagai macam institusi pemerintahan seperti BPOM, LIPI, Kementrian Pertanian, dan lain sebagainya. pekerjaan lain yang bisa juga anda ambil adalah dengan menjadi konsultan gizi untuk industry pokok makanan hingga menjadi pengusaha.

Dengan peluang kerja yang sangat luas inilah kemudian Al Masoem membuka program studi teknologi pangan didukung dengan kualitas pendidik yang kompeten hingga fasilitas  yang lengkap. Situasi atau lokasi Universitas Al Masoem sangat strategis dan juga kondusif untuk pembelajaran. Hal ini membuat anda seharusnya tak perlu ragu lagi untuk mendaftarkan diri di program studi Teknologi pangan atau program studi lainnya yang tersedia di Universitas Al Masoem sesuai dengan minat dan kemampuan anda. 

Berita Lainnya
Copyright © 2019 Masoem University