Berminat dengan Dunia Pertanian? Ini Prodi yang Bisa Diambil di Al Ma’soem University

Beranda / Berita / Berminat dengan Dunia Pertanian? Ini Prodi yang Bisa Diambil di Al Ma’soem University
9 Juni 2019
Berminat dengan Dunia Pertanian? Ini Prodi yang Bisa Diambil di Al Ma’soem University

Sebagai Negara Agraris, Indonesia memiliki lahan pertanian yang luas dan juga subur. Lahan tersebut seringkali dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat bertani dan berkebun. Tentu cara ini bisa membuat petani memiliki penghasilan yang banyak, terlebih lagi ketika panen tiba. Tak mengherankan jika bidang pertanian begitu menjanjikan dan hal inilah yang kemudian membuat banyak orang tertarik untuk andil di dalamnya.

Hal diatas membuat Universitas membuka program studi di bidang pertanian, seperti yang dilakukan oleh Al Ma’some University. Ada beberapa program studi di bidang pertanian yang bisa menjadi pilihan anda untuk menyekolahkan putera puteri tercinta atau untuk anda para pelajar yang baru saja lulus dari SMA atau SMK. Ada dua Prodi atau Program Studi untuk Fakultas Pertanian di Al Ma’some yakni “Agribisnis (S1)” dan “Teknologi Pangan S1”.

Program Studi AGRIBISNIS S1
Agribisnis lebih banyak berkonsentrasi pada bidang Sosial Ekonomi Pertanian. Jika dilihat dari katanya, Agribisnis sendiri berasal dari kata Bahasa Inggris yakni agribusiness.  Kata ini merupakan gabungan dari agriculture atau pertanian dan business atau bisnis. Pada dasarnya Agribisnis adalah sebuah bisnis atau manajemen yang bergerak di dunia pertanian serta semua hal yang menjadi pendukungnya. Agribisnis akan memadukan ilmu saintek dan soshum karena dalam prodi ini anda akan banyak belajar tentang aspek pengolahan hasil pertanian, budidaya, manajemen usaha, pemasaran produk, dan kewirausahaan. Dapat dibilang bahwa prodi ini akan mempelajari seluk beluk tentang pertanian dengan komplit.

Jika anda berpikir bahwa prospek kerja dari lulusan ini hanyalah menjadi petani, maka anda salah. Ada banyak sekali karir yang bisa anda pilih setelah lulus dari jurusan ini seperti menjadi pengusaha, manajer agribisnis, pelaku pendidikan, konsultan pertanian, Birokrat, pemberdaya masyarakat, pemimpin lembaga pertanian, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Program Studi TEKNOLOGI PANGAN (S1)
Program studi kedua dalam fakultas pertanian Al-Masoem university adalah Jurusan Teknologi Pangan S1. Program Studi ini akan mempelajari segala proses produksi makanan dan akan memastikan bahwa makanan yang diproduksi tersebut layak serta aman untuk dikonsumsi. selain itu, makanan tersebut juga harus dipastikan dapat memenuhi kebutuhan gizi dari konsumen. Oleh karena itu, di dalam program studi ini anda akan banyak mempelajari tentang komponen biologis dan kimiawi dalam makanan yang bisa menimbulkan efek tertentu bagi tubuh manusia. Jurusan teknologi pangan juga akan mempelajari tentang aspek social dari makanan yang dikonsumsi termasuk bagaimana sebuah makanan dapat memberikan pengaruh untuk aspek psikologi, ekonomi, dan juga kebudayaan.

Secara garis besar, anda akan sangat faimiliar dengan teknologi pemrosesan, pengawetan, pengemasan, penyimpanan, sampai dengan produk makanan tersebut dianggap layak dan aman untuk dikonsumsi oleh konsumen. Jurusan ini sangat sesuai untuk anda yang ingin lebih banyak belajar mengenai teknologi pengolahan pangan atau untuk anda yang ingin bekerja di bidang makanan dan minuman. Banyak lulusan dari jurusan ini yang kemudian sukses menjadi Quality control handal, pengusaha, product development, pengusaha kuliner dan lain sebagainya.

Jadi, manakah program studi yang menjadi passion anda? apapun pilihan anda, jangan lupa untuk memastikan bahwa anda memang tertarik dengan jurusan tersebut sehingga anda pun bisa menjalani prose pembelajaran dengan sangat maksimal. Memilih program studi terbaik dari Al-Masoem University juga akan membuat anda mampu untuk belajar dengan didukung oleh tenaga ahli dan juga teknologi terkini.

 

#Hastag
Berita Lainnya
Copyright © 2019 Masoem University