PEKERJAAN AKUNTAN

Beranda / Berita / PEKERJAAN AKUNTAN
3 Mei 2021
PEKERJAAN AKUNTAN

Sebuah perusahaan atau organisasi yang berorientasi profit (profit oriented) tentulah memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Salah satu indikator sebuah perusahaan itu sehat atau tidak secara keuangan bisa dilihat dari arus kas (cash flow)-nya. Orang / divisi yang bertugas dalam mencatat itu semua adalah seorang akuntan. Segala keputusan yang menyangkut masalah pendapatan dan pengeluaran sebuah peusahaan haruslah dilihat dari laporan yang dibuat oleh seorang akuntan.

Secara garis besar akuntan dapat digolongkan menjadi:

  1. akuntan publik (public accountans)
  2. akuntan manajemen (management accountants);
  3. akutan pemerintah (government accountans) dan
  4. akuntan pendidik.

Akuntan publik adalah akuntan independent yang memberikan jasa-jasanya atas dasar pembayaran tertentu. Mereka bekerja secara bebas, pada umumnya mendirikan suatu kantor akuntan. Termasuk dalam kategori akuntan public adalah akuntan  yang bekerja pada kantor tadi. Akuntan ini disebut juga sebagai akuntan ekstern. Untuk dapat berpraktik sebagai akuntan publik dan nmendirikan kantor akuntan,seorang harus memperoleh izin dari Departemen keuangan. Seorang akuntan publik dapat memberikan:

  1. jasa pemeriksa (audit);
  2. jasa perpajakan (tax services);
  3. jasa konsultan manajemen (management advisory services); dan
  4. jasa akuntan (accounting services). 

Akuntan manajemen atau disebut juga internal akuntan adalah akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan atau organisasi. Jabatan yang dapat diduduki mulai staf biasa sampai dengan kepala bagian akutansi, controller atau direktur keuangan. Tugas yang dikerjakan dapat berupa

  1. penyusunan system akuntansi;
  2. penyusunan laporan akuntansi kepala pihak-pihak di luar perusahaan;
  3. penyusunan laporan akuntansi kepala manajemen;
  4. penyusunan anggaran;
  5. menangani masalah perpajakan; dan
  6. melakukan pemeriksaan intern.

   Akuntan pemerintah adalah akuntan yang bekerja pada badan-badan pemerintah, seperti di dapartement-dapartement, Badan Pengawas Keuangan dan pembangunan (BPKP), badan pengawas keuangan (BEPEKA), Direktorat jendral pajak,dan lain-lain. Disamping tiga golongan akuntan tersebut di atas terdapat akuntan yang bekerja sebagai pendidik. Akuntan pendidik terutama bertugas dalam Pendidikan akuntansi, yaitu mengajar, Menyusun kurikulum Pendidikan akuntansi dan melakukan penelitian di bidang akuntansi.

#Hastag
Berita Lainnya
Copyright © 2021 Masoem University