Tes 11 Poin; Program Unik Tapi Sangat Bermanfaat, Hanya Ada Di Universitas Ma’soem

Beranda / Berita / Tes 11 Poin; Program Unik Tapi Sangat Bermanfaat, Hanya Ada Di Universitas Ma’soem
2 Juni 2020
Tes 11 Poin; Program Unik Tapi Sangat Bermanfaat, Hanya Ada Di Universitas Ma’soem

Dalam menghadapi dunia kerja tentu setikdknya kita memiliki kemampuan dasar umum yang harus di miliki, hal ini berkaitan dengan nanti bagaimana di dunia kerja karena hal -hal dasar kadang lebih sering digunakan pada saat bekerja.

Ada satu program di universitas ma’some yang berbeda dengan perguruan tinggi lainya dimana mahasiswa semester atau tingkat akhir mengikuti suatu program dan tes dimana hal tersebut nantinya bermanfaat untuk menghadapi dunia kerja, program tersebut dinamakan tes 11 point, program ini merupakan program yang harus di ikuti bagi seluruh mahasiswa seluruh program studi yang ada di Universitas Ma’soem, program ini juga di gunakan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti siding tugas akhir maupun skripsi. Tes 11 poin ini tidak hanya tes saja yang dilakukan tetapi berupa pelatihan sebelum dilaksanakanya tes, pelatihan tersebut dilaksanakan kurang lebih sekitar 2 minggu sebelum tes di mulai.

Adapun beberapa tes 11 poin yang di adakan di Universitas Ma’soem diantaranya:

1. Mail Merge dengan data dari excel

Mail merge dengan data dari excel inimeskipun sederhana tetapi penggunaanya sangat penting apabila digunakan misalnya untuk kegiatan surat menyurat dengan jumlah penerima yang banyak tentunya memudahkan sekali disbanding membuat satu-satu

2. Aplikasi Microsoft Excel / Membuat Laporan Penggajian

Dalam hal ini membuat laporankeuangan sederhana menggunakan Microsoft excel.

3. Instalasi OS, Program Aplikasi, & Driver Printer

Poin ke 3 ini merupakan hal yang menurut penulis wajib di kuasi karena khususnya instalasi aplikasi karena kadang kala di perusahaan adanya software yang baru yang digunakan yang mengharuskan kita bisa mengintal aplikasi tersebut, begitupun dengan mengkoneksikan komputer dengan printer.

4. Merakit PC, Koneksi antar PC dan Internet dengan Kabel & Wifi

Untuk hal ini wajib bisa yaitu lulusan mahasiswa di fakultas komputer.

5. Wawancara Rekruitment Calon Pegawai dengan Bahasa Inggris

Untuk poin ini di siapkan untuk lulusan universitas ma’soem siap menghadapi interview atau wawancara menggubnakan Bahasa inggir kadang kala di beberapa perusahaan ada yang menggunakan interview Bahasa inggirs.

6. Etika Perkantoran & Layanan Prima

Disini di pelajari bagaimana etika yang ada dalam perkantoran dan bagaimana juga dengan memberikan pelayanan prima termasuk ke table manner.

7. Praktek Ibadah & Baca Al Qur’an
8. Memanage Email dengan Outlook dan Pengoperasian Scaner
9. Teknik Presentasi

Teknik Persentasi di sini belajar atau tentang hal-hal yang berhubungan dengan persentasi termasuktata cara penyampaian presentasi sampai dengan etiket dalam persentasi itu sendiri.

10. Studi Kelayakan Bisnis & Penyusunan Proposal

Studi kelayakan bisnis di sini yaitu memperdalam ilmu kewirausahaan bagi mahasiswa yang nanti nya akan terjun kedunia wirausaha, serta membuat proposal yang beikatan dengan bisnis.

11. Typing Skill

Typing skill sebenarnya sudah di pelajari pada awal perkuliahan yaitu menegtik menggunakan 10 jari , hanya saja di akhir ini melancarkan dan tidak jarang juga masih banyaknya yang belum terbiasa menggunakan hal tersebut.

Nah itu dia 11 poin yang dipelajari meskipun dikategorikan keterampilan dasar, tetapi poin-poin tersebut nantinya sangat berguna, terlebih kadang kala ada beberapa mahasiswa yang memang belum terlalu mahir dalam praktiknya, ataupun mahasiswa yang lupa karena jarang di aplikasikan ke dalam kehidupan sehari hari.

Bagaimana program ini sangat bagus kan, tentunya dengan tujuan ketika di dunia kerja lulusan dari universitas ma’soem ketika ada hal-hal dasar yang jadi masalah bisa cakap dalam menanganinya.

 

 

#Hastag
Berita Lainnya
Copyright © 2019 Masoem University