Tips Awal Atasi “Menganggur” Pasca Wisuda yang Wajib Kamu Ketahui

Beranda / Berita / Tips Awal Atasi “Menganggur” Pasca Wisuda yang Wajib Kamu Ketahui
8 Juni 2019
Tips Awal Atasi “Menganggur” Pasca Wisuda yang Wajib Kamu Ketahui

Akankah mencari pekerjaan sesudah lulus bakal menjadi urusan yang gampang untuk didapatkan? Kenyatannya, menganggur sesudah lulus kuliah cukup menimpa semua lulusan universitas, dan mungkin kamu salah satunya. Mencari kegiatan tidak tidak jarang kali mudah, bahkan walau sudah mengikuti tidak sedikit jobfair, bahkan wawancara di sekian banyak perusahaan. Tetap saja, segalanya tidak semulus yang diharapkan. Ada tidak sedikit fresh graduate yang berusaha untuk memperebutkan lowongan kegiatan di sekian banyak  perusahaan. Nah, dari ribuan pelamar, yang diterima bekerja pasti ada, tetapi yang ditampik juga jauh lebih banyak. Ada tidak sedikit penyebab kenapa setelah lulus kuliah tak kunjung menemukan pekerjaan, sejumlah di antaranya bahkan dapat saja tidak disadari sekitar ini.
Ini tips yang dapat anda implementasikan mulai ketika ini supaya tidak menjadi pengangguran sesudah lulus kuliah.


1.Selalu bertanya mengenai apa yang dapat dilakukan dengan topik perkuliahan yang dipelajari pada hari itu

2. Membangun dan memperkuat jaringan semenjak masih berstatus mahasiswa
Hal ini sehubungan dengan proses membina koneksi seperti menggandakan teman yang nantinya akan bermanfaat saat lulus dan mulai melebarkan sayap di dunia profesional. Pengalaman nggak hanya diperoleh lewat bangku perkuliahan saja, tetapi dari orang lain yang kamu serap juga. Memang dituntut untuk berteman dengan siapapun, namun betapa lebih baik andai kamu menjalin hubungan baik dengan mereka yang memiliki tidak sedikit pengalaman yang dapat kamu pelajari juga. Semakin tidak sedikit koneksi, anda akan mendapat banyak pertolongan pula saat sedang dalam kesulitan.

3. Memiliki karya semenjak masih mahasiswa dan menciptakan portofolio sebagai perwujudan kemampuanmu
Portofolio dapat berupa apa saja yang nantinya bisa berfungsi sebagai bukti penguat nyata keterampilan seseorang dalam hal-hal tertentu.

4. Mengembangkan kegemaran dengan lebih serius. Karena rezeki juga dapat datang dari hobi
Setiap orang pasti memiliki kesenangan tertentu atau kegemaran yang kerap dilaksanakan untuk memenuhi waktu luang atau menyegarkan pikiran. Mulai sekarang, tidak boleh anggap remeh hobimu itu, tekuni dan kembangkan lebih jauh supaya bisa ditunjukkan menjadi sumber penghasilan. Banyak orang berhasil yang memanfaatkan kegemaran sebagai ladang pekerjaannya. Misalnya saja, andai kamu menyeriusi kegemaran menulismu, dapat jadi kelak anda akan menjadi seorang pengarang sebagai karier yang dijalani. Atau, bermula dari kegemaran jalan-jalan, kamu dapat kembangkan menjadi bisnis agen travel yang menghasilkan. Yang pasti, kamu dapat mendapatkan rupiah dengan mengerjakan hal yang anda sukai.

5. Jangan terpaku pada jurusan yang dipungut saat menempuh pendidikan, fleksibel saja dulu
Biasanya, banyak sekali mahasiswa terpaku dengan jurusan yang dipungut pada ketika kuliah saat menggali pekerjaan. Padahal, urusan ini bakal menjadi tantangan baginya guna mendapatkan kegiatan yang diimpikan. Punya kemauan untuk bekerja cocok jurusan memang bagus, tetapi terkadang anda memang mesti menantikan dengan menggali pengalaman bekerja di lokasi lain. Lakukan dulu kegiatan yang dapat dikerjakan, andai kamu telah mempunyai pengalaman, maka  hari esok kamu dapat mencari kegiatan yang memang cocok dengan harapan. Jangan terlampau kaku dalam menjalani apa yang seharusnya dijalankan. Memperluas pergaulan diwaktu senggang saat masih menjadi mahasiswa dapat menghindarkan seorang sarjana  lama menganggur pasca di wisuda.

 

Berita Lainnya
Copyright © 2019 Masoem University