Yuk Kenalan Lebih dalam Tentang Jurusan ‘Teknologi Pangan’

Beranda / Berita / Yuk Kenalan Lebih dalam Tentang Jurusan ‘Teknologi Pangan’
16 Januari 2020
Yuk Kenalan Lebih dalam Tentang Jurusan ‘Teknologi Pangan’

Teknologi pangan adalah salah satu jenis program studi yang bisa dipilih saat ini. Prodi yang satu ini menawarkan ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat untuk masyarakat banyak serta prospek kerja yang sangat luas. Namun sayangnya, masih banyak orang masih belum mengerti tentang jurusan ini sebenarnya. Banyak orang mengira bahwa teknologi ini hampir sama dengan jurusan Tata Boga yang mengolah berbagai makanan. Sebenarnya, jurusan teknologi pangan lebih luas tentang ini dan ada lebih banyak hal yang dipelajari.

Seperti apakah teknologi pangan sebenarnya? Artikel ini akan membahas lebih jauh tentang jurusan teknologi pangan.

Apa yang dimaksud dengan ‘Teknologi Pangan’

Definisi teknologi pangan adalah sebuah aplikasi dari ilmu pangan untuk berbagai aksi; seperti misalnya pengawetan, sortasi, pemrosesan, penyaluran atau distribusi, dan bagaimana cara menggunakan bahan pangan yang penuh dengan nutrisi dan juga aman tentunya. Program studi teknologi pangan akan mempelajari banyak hal. Sebagai contoh adalah tentang mikrobiologis. proses kimia, sampai dengan sifat fisi dari banyak bahanmakakan. Selain itu, akan banyak dipelajari pula tentang bagaimana proses yang tepat untuk mengolah bahan makanan. Spesialisasi untuk teknologi pangan ini pun sangat bervariasi. contohnya adalah pengawetan makanan, cara pengemasan yang benar, bagaimana memproses makanan, menyimpan, dan lain sebagainya.

Apakah yang akan dipelajari dalam program studi ‘teknologi pangan’

program studi teknologi pangan dapat ditemukan di berbagai universitas di Indonesia. Salah satu dari universitas tersebut adalah Universitas Al Masoem. jika berbicara tentang mata kuliah apa yang akan dipelajari, tentu saja ada beragam mata kuliah yang sangat penting. 2 yang paling penting adalah kimia serta biokimia pangan. Namun, selain mata kuliah tersebut, di bawah ini adalah beberapa mata kuliah lain yang termasuk dalam prodi teknologi pangan:

  • rekayasa pangan
  • bioteknologi pangan
  • analisis pangan
  • penanganan pasca panen
  • mikrobiologi pangan
  • kimia analitik
  • mesin dan peralatan, dan lain sebagainya

selain mata kuliah seperti yang sudah disebutkan diatas, ada pula mata kuliah lain yang akan diperoleh oleh mahasiswa teknologi pangan. Mata kuliah yang cukup umum ini adalah bahasa Inggris (dengan jenjang yang berbeda setiap semesternya), pendidikan kewarganegaraan, pendidikan Agama, bisnis start up, desain grafis, hingga seminar akademik.

Program studi teknologi pangan seringkali dimasukkan dalam jenjang pendidikan S1. Ini artinya, lama perkuliahan adalah sekitar 8 semester atau 4 tahun.

Contoh nyata pelajaran dalam ilmu teknologi pangan

Secara mudahnya, ada beberapa contoh nyata tentang apa yang dipelajari dalam teknik pangan adalah bagaimana cara mengolah bahan pangan menjadi makanan beku atau frozen food untuk kemudian dijual di beberapa supermarket atau bahkan di ekspor. Cara membekukan makanan ini dimaksudkan agar makanan memiliki umur yang lebih panjang. Contoh lain adalah memikirkan bagaimana cara membeli puluhan ton pisang dari kebun dan membawanya ke tempat pengolahan atau pabrik tanpa merusak kualitas pisang tersebut. Selain dua contoh diatas tentu saja masih banyak kegiatan dan pembelajaran lain dalam perkuliahan teknik pangan yang sangat bermanfaat untuk kehidupan nantinya.

Setelah Lulus dari Ilmu Teknologi Pangan akan Jadi Apa Nantinya

Pertanyaan ini mungkin menjadi pertanyaan banyak orang. Setelah lulus apa jenis pekerjaan yang nantinya dpaat digeluti oleh mahasiswa teknologi pangan. Ada banyak sekali opsi pekerjaan dan karir yang dapat diambil seperti contohnya di bawah ini:

Bagian Pengendali Mutu / Quality Control

kebanyakan fresh graduate atau mahasiswa yang baru lulus dari jurusan teknologi pangan seringkali diterima di bagian QC atau quality control sebuah pabrik atau perusahaan. Tugas dari seorang pengendali mutu adalah untuk memastikan bahwa makanan diolah dengan proses yang benar sesuai dengan standard yang ada. Sebagai contoh di pabrik nugget ayam misalnya. Seorang staff quality control sudah sepatutnya memeriksa bahwa nugget ini dibuat dengan proses higienis dengan bahan makanan yang tidak membahayakan. Satu lagi, proses pengawasan ini juga akan diteruskan hingga ke tahap packing sampai dengan pengiriman produk.

Sebagai informasi untuk sebuah jenis produk seringkali membutuhkan lebih dari 10 quality control. Tak heran jika kemudian banyak lulusan baru dari teknologi pangan banyak diterima untuk mengisi posisi ini. Untuk menjadi seorang quality control, seseorang harus memiliki beberapa kompetensi seperti tahu analisa dan parameter mutu dalam bahan, menguasai standar mutu pangan baik secara nasional atau internasional, dapat memimpin tim, mampu mengarahkan proses produksi, dan lain sebagainya.

Menjadi Kosultan Gizi dan Pangan

Tugas dari profesio ini adalah memberikan konsultasi untuk industry makanan. Biasanya adalah tentang tren produk, cara memasarkan produk, sampai dengan kualitas produk makanan.

Menjadi ASN atau Aparatur Sipil Negara

lulusan dari Teknologi Pangan juga dapat menjadi PNS atau ASN di berbagai instansi pemerintahann seperti contohnya di Balitbang, Departemen Pertanian, badan POM, LIPI dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagian Pengembangan Produk

Masuk ked ala bagian pengembangan produk sebenarnya tidak muda. Mengapa? Ini karena biasanya bagian ini dieprcaya memegang resep rahasia sebuah perusahaan. Oleh karena itu, bagian ini seringkali memiliki gaji yang cukup tinggi. Selain itu, bagian pengembangan produk juga sering berhubungan dan terkoneksi dengan pemimpin sebuah perusahaan. Ini artinya, mereka memiliki tanggung jawab yang lebih besar, namun juga memiliki peluang yang lebih besar dan mudah untuk naik pangkat.


 

#Hastag
Berita Lainnya
Copyright © 2019 Masoem University