Masoem University Cup (MUC) akhirnya resmi dibuka pada tanggal 14 April 2019 lalu. Perhelatan tahunan yang mempertandingkan olahraga dan seni antar SMA/K/MA se-Jawa Barat ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Masoem, Ir. H. M. Dadang Ma’soem, MSC., Ph.D yang diikuti oleh pemukulan Gong. Selain dihadiri oleh segenap sivitas yayasan, turut hadir pula direksi dan pengeleloa PT. Ma’soem Group. Dalam sambutannya yang disampaikan kemarin, Rektor secara singkat menceritakan mengenai sejarah Al Masoem sampai akhirnya Universitas beridiri. Selain itu, beliau juga menghimbau para peserta untuk memanfaatkan kegiatan ini tidak hanya sebagai penyaluran hobby saja tapi juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk berprestasi yang akan mengangkat citra dan ekstensi sekolah para peserta.  Hal ini dikarenakan akan membangun suatu rasa kebanggaan tersendiri ketika timnya menjadi Pemenang. Selepas itu, Rektor  memberikan Piala bergilir secara simbolis kepada salah satu peserta dari SMAN Cimanggung Sumedang yang menjadi pemenang tahun lalu.

Pesta pembukaan di tahun 2019 kali ini terasa lebih megah dan meriah mengingat gedung baru Universitas Masoem yang baru saja diresmikan oleh Mentri Ristekdikti; Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. Selain dihibur oleh penampilan Paduan Suara Mahasiswa Al Masoem beserta beberapa orang perwakilan penyanyi solo,  Event tahunan yang bergengsi ini juga diisi oleh marching band dari TK Al Masoem. Suasana pun terasa lebih ceria dan semangat melihat penampilan dari anak-anak TK tersebut lengkap dengan alat marching band dan kostumnya. Salah satu UKM Teater Mahasiswa (Tema) pun kembali mengisi acara ini dengan bermain memadukan alat musik tradisional & modern. Mereka juga melakukan tarian dari beberapa daerah di Indonesia lengkap dengan kostumnya. Puncak kemeriahan pun sangat terasa ketika terdapat suguhan yang berbeda dengan dibawakannya Jingle khusus / Official Song dari MUC. Lagu ciptaan salah satu staff pengajar Al Masoem ini terbukti dapat membangun semangat para peserta karena dibawakan sangat apik dengan petikan gitar elektrik dengan irama yang Up Beat oleh 2 orang perwakilan Mahasiswa dari Fakultas Komputer.

Ada yang berbeda dalam perhelatan tahun ini karena selain cabang olahraga yang sudah biasa diselenggarakan seperti Futsal, Basket, Voli, panitia juga membuka cabang olahraga Badminton. Tidak lupa juga kompetisi band yang ada di bidang seni, yang nantinya akan mendatangkan Band Pop Punk Indie dari Bandung, Glory Of Love.  Kompetisi ini diharapkan dapat menjadi alat ukur para peserta yang ikut dalam kompetisi, dalam mengembangkan minat dan bakat mereka masing-masing. Tercatat Hampir 180 tim dari 72 sekolah tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat mengikuti MUC 2019 dari seluruh cabang kegiatan yang dipertandingkan tahun ini. Semoga para siswa/siswi peserta MUC 2019 dapat terus menjunjung tinggi semangat fair play / sportivitas dan terus termotivasi untuk menampilkan kemampuan terbaik mereka untuk berprestasi di gelaran ini.