Tahun | : | 2017 |
Nama Mahasiswa | : | Wiwin Widaningsih |
Jurusan | : | Perbankan Syariah (S1) |
ABSTRAK
Wiwin Widaningsih. 2017. Pengaruh Strategi Harga Terhadap Keputusan Nasabah Produk Pembiayaan Modal Kerja di PT BPR Syariah Al Ma’soem Rancaekek. Komputerisasi Akuntansi Konsentrasi Perbankan Syariah AMIK Al Ma’soem Bandung. Pembimbing: Ida Rapida Dra, M.M. (Tugas Akhir), Bab I-V, 69 halaman, 14 lampiran.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi harga terhadap keputusan nasabah di PT BPR Syariah Al Ma’soem Rancaekek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber utama penelitian adalah kuesioner yang disebar kepada 35 responden. Data diolah dengan bantuan IBM SPSS Statistic 23.
Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu Variabel X (strategi harga) dan Variabel Y (keputusan nasabah). Variabel X yang diteliti meliputi komponen harga terdiri dari biaya administrasi, margin, jangka waktu dan diskon. Sedangkan variabel Y yang diteliti meliputi pengenalan terhadap kebutuhan (need recognition) yang terdiri dari kebutuhan dan keinginan terhadap produk pembiayaan modal kerja, pencarian informasi (information search) yang terdiri dari informasi dari petugas lapangan, informasi dari bank dan mempertimbangkan informasi, evaluasi alternatif (evaluation of alternatives) yang terdiri dari manfaat produk serta keunggulan produk dan keputusan membeli (purchase decision) yang terdiri dari memilih produk dan merekomendasikan kepada orang lain.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat korelasi pengaruh strategi harga terhadap keputusan nasabah sebesar 0,346 dan berada dalam kategori cukup. Hasil dari perhitungan Uji Z, diketahui bahwa Z hitung > Z tabel atau 2,528 > 1,64. Berdasarkan hasil tersebut didapat kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh variabel X (straegi harga) terhadap variabel Y (keputusan nasabah). Adapun ilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,190 atau 19%, artinya secara umum strategi harga memberikan kontribusi pengaruh sebesar 19% terhadap keputusan nasabah, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti produk, lokasi, periklanan dan sebagainya.
Kata Kunci: Strategi Harga dan Keputusan Nasabah